Kami dari Team Bisnis Sukabumi Siap Membantu Anda Menjual dan Mencarikan Properti Sesuai Kebutuhan Anda. "Investasi Tanpa Rugi"
Silahkan Hubungi Kami di :
0813 8337 5576 (wa)
Home » » APEC: Presien SBY Dijadwalkan Bertemu Sejumlah Pemimpin Negara dan Bisnis

APEC: Presien SBY Dijadwalkan Bertemu Sejumlah Pemimpin Negara dan Bisnis

Aang | 21.30 | 0 komentar
BISNIS INDONESIA - APEC: Presien SBY Dijadwalkan Bertemu Sejumlah Pemimpin Negara dan Bisnis

APEC menguasai 50 persen ekonomi dunia

Hari ini, Sabtu (8/9), Presiden SBY akan mengadakan sejumlah per temuan bilateral dengan Presiden Rusia Vladimir Putin, Presiden China Hu Jintao, dan empat CEO perusahaan kakap dari Rusia yang berminat berinvestasi di pertambangan dan kereta api. 

Orang-orang berjalan di Central Square di Vladivostok,
 yang tengah menjadi tuan rumah penyelenggaraan
Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC), (6/9).
Pertemuan APEC dihadiri oleh para pemimpin negara
(sumber: EPA)

Satu pimpinan perusahaan asal AS, Charter Pillar juga dijadwalkan ber temu empat mata dengan Presiden.

Indonesia berusaha memanfaatkan forum APEC ini, untuk menarik minat pemodal.

Paling tidak, pada per temuan APEC tahun depan, saat Indonesia menjadi tuan r umah, banyak investor asing yang datang ke Indonesia. APEC tahun depan akan digelar di Bali.

Semua kepala negara atau kepala pemerintahan hadir di Vladivostok kecuali Presiden AS Barack Obama yang kini berkonsentrasi menghadapi pemilihan presiden, 6 November tahun ini. 

Obama sedang mempersiapkan kampanye pilpres AS, menghadapi kandidat dari Partai Repblik, Mitt Romney. Sebagai penggantinya, Menlu AS Hillary Clinton hadir mewakili Presiden Obama.

Pada pertemuan para menteri perdagangan APEC ke-23 di Honolulu, AS, 2011, AS menyarankan penurunan tarif produk barang ramah lingkungan, termasuk kategori environmental goods and services hingga di bawah lima persen pada 2015. 

Selain isu liberalisasi perdagangan dan investasi, APEC membahas integrasi ekonomi wilayah, penguatan keamanan pangan, penciptaan mata rantai ekonomi yang diandalkan, dan kerjasama intensif untuk mendukung pertumbuhan inovatif.

Didirikan 1989, APEC merupakan forum konsultasi informal untuk memajukan kerjasama ekonomi 21 negara anggota yang berada di pesisir Samudera Pacifik. 

Ke-21 negara itu adalah Indonesia, Singapura, Malaysia, Filipina, Brunei Darusalam, Thailand, Vietnam, Korsel, China, Hong Kong, Jepang, Papua Nugini, Australia, Selandia Baru, AS, Chili, Kanada, Meksiko, Peru, dan Rusia. 

Bergabung dengan APEC tahun 1998, Rusia berpartisipasi aktif dalam organisasi yang kini memiliki 50 persen kekuatan perekonomian global dan sepertiga populasi dunia.

Vladivostok di Pulau Russky, Rusia bagian paling timur. Dengan luas wilayah 17 juta kilometer persegi dan penduduk 143 juta, ekonomi Rusia bertumbuh pesat sejak reformasi ekonomi awal 1990-an, dan ter utama sejak Vladimir Putin menjadi pemimpin. 

Setelah menjadi presiden lima tahun, Putin menjadi PM, dan sejak 2012 kembali menjadi presiden.

Pada 2011, PDB Rusia sebesar US$ 1,8 triliun dan pendapatan per kapita US$ 13.236 berdasarkan harga berlaku.

APEC saat ini menyumbang 40 persen dari populasi dunia, 54 ersen dari output ekonomi dan 44 persen dari perdagangan global. 

Ekspor dalam kelompok ini oleh konsultan PwC diperkirakan naik hampir tiga kali lipat, dalam satu dekade ke depan menjadi US$ 14,6 triliun, sementara ekspor ke begara non-APEC akan berlipat ganda menjadi US$ 5,6 triliun.

Draf Komunike APEC

Para pemimpin negara-negara APEC akan menyuarakan keprihatinannya atas krisis, yang terjadi di zona Euro dan melawan proteksionisme perdagangan yang dinilai terus meningkat.

Pernyataan itu akan dituangkan dalam komunike bersama. Berdasarkan draf terakhir, APEC merefleksikan keprihatinannya atas dampak krisis utang di Eropa terhadap pertumbuhan ekonomi kawasan Asia Pasifik.

Sejak pemimpin negara-negara APEC terakhir bertemu di Honolulu, ekonomi global terus menunjukkan sejumlah tantangan dan masih berisiko turun lagi. 

Pasar keuangan masih rapuh, sementara defisit anggaran publik dan utang yang tinggi di beberapa negara maju, menciptakan tekanan untuk pemulihan ekonomi global. 

Peristiwa-peristiwa ekonomi di Eropa pun telah memengaruhi pertumbuhan di wilayah lain.

Para pemimpin APEC pun akan bekerja secara kolektif untuk mendukung per tumbuhan dan mendorong stabilitas keuangan dan mengembalikan kepercayaan diri, atas semua anggotanya. 

Mereka juga akan menyambut positif komitmen negara- negara di Eropa untuk mengambil semua langkah yang diperlukan guna mencegah kegagalan keuangan dan ekonomi Eropa.

Presiden Rusia Vladimir Putin yang akan menjadi tuan rumah KTT APEC 2012, dengan tokoh-tokoh kunci lainnya yang akan datang, termasuk Menlu AS Hillary Clinton, Presiden China Hu Jintao, dan Perdana Menteri Jepang Yoshihiko Noda. 

Clinton mewakili Presiden AS Barack Obama, yang berkampanye untuk pemilihan kembali pada November 2012.

Penulis: ID/Primus Dorimulu/ Entin Supriati
Sumber : http://www.beritasatu.com
Share this article :
Comments
0 Comments

L A B E L

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. BISNIS | IKLAN FREE - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Free Coupon Codes